Tugas 1 : Pengenalan Java

 ==================================================
Nama/NIM : Ni Komang Widyasanti/1404505061
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
==================================================
Pengenalan Java


Pada artikel ini, saya akan membahas sedikit tentang Java, Class, Object, Inheritance (pewarisan), dan Encapsulation (pembungkusan) yang saya dapat dari membaca beberapa referensi berupa buku dan e-book.
Mungkin jika kita berbicara mengenai "Java" sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna komputer. Namun, sebenarnya apa sih Java? dan bagaimana sejarahnya sampai Java dilahirkan dan begitu populer?
Seperti yang sudah kita ketahui, Java merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan pada berbagai PC bahkan Smartphone yang mendukung. Mengutip dari oracle.com (perusahaan utama pengembang DBMS (Database Management System), yang juga memproduksi Java), Java pertama kali digagas oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan yang kemudian dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1991. Bahasa pemrograman ini pertama kali dinamakan "Oak" sebelum akhirnya diubah menjadi "Java" pada tahun 1995 (oracle).

            Dicetuskannya Java, pada awalnya bukanlah untuk internet, melainkan untuk kebutuhan bahasa platform tersendiri yang dapat digunakan untuk membuat software yang dapat dipasang pada berbagai perangkat elektronik seperti pemanggang roti, microwave oven, dan remote control. Seperti yang sudah bisa diduga, banyak sekali tipe CPU berbeda yang digunakan sebagai controller. Masalahnya, saat itu kebanyakan bahasa komputer dirancang untuk menjalankan beberapa target secara spesifik. Seperti contoh adalah C++. Pada saat itu, sebuah compiler cukup mahal dan memakan waku ntuk membuatnya. Hal inilah yang membuat Gosling dan rekan-rekannya bekerja sama untuk menghasilkan solusi lebih baik, yaitu dengan membuat bahasa cross-platform yang dapat menghasilkan kode yang mampu dijalankan pada berbagai macam CPU dengan lingkungan berbeda. Usaha inilah yang akhirnya membuahkan hasil berupa produk bernama Java (oracle).
            Salah satu kelebihan dari Java sendiri ialah pardigmanya menggunakan OOP (Oriented Object Programming). Berbicara mengenai OOP, kita tidak akan bisa terlepas dari Class dan Object. Lalu apa sih Class atau Kelas dan Object tersebut?
            Objek sangatlah berhubungan dengan Kelas. Class atau Kelas merupakan blueprint atau prototipe yang mendifinisikan data berbentuk variable dan perilaku atau method-method umum dari objek tertentu. Sebagai contoh adalah Kelas Laptop. Laptop memiliki data berupa merk, seri, warna, dan spesifikasi lainnya, laptop juga memiliki perilaku-perilaku khusus seperti sistem operasi dan lain-lain. Dalam program, objek-objek seperti ini dapat di definisikan sebagai Kelas (Raharjo). Singkatnya, Kelas merupakan mesin pencetak, sementara Objek merupakan hasil cetakannya.
            Setelah mengetahui tentang Objek dan Kelas, selanjutnya kita akan beralih ke Encapsulation (Pembungkusan) dan Inheritance (Pewarisan). Pembungkusan adalah sebuah proses penggabungan antara data dan method-method yang berkaitan ke dalam sebuah objek. Dengan demikian kita dapat membuat program yang terintegrasi tanpa harus mendeklarasikan variable-variable yang bersifat eksternal. Pada Java, data dalam sebuah kelas disebut member variables, sedangkan fungsi/methodnya dikenal dengan member methods (Raharjo). Untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut ini.

Setelah membahas mengenai Encapsulation atau Pembungkusan, kini mari kita beralih ke Inheritance atau Pewarisan. Dalam OOP, kita dapat menciptakan kelas baru yang diturunkan dari kelas lain yang sudah di definisikan sebelumnya. Kelas baru ini disebut dengan subclass sementara objek induknya disebut superclass. Sementara itu, dalam C++ subclass sering disebut dengan derived class (kelas turunan) dan superclass disebut dengan base class (kelas dasar). Dalam Delphi superclass disebut dengan ancestor dan subclass disebut dengan descendant. Walaupun memiliki nama berbeda-beda, namun kita tidak perlu bingung, karena konsep OOP disemua bahasa pemrograman relatif sama. Sifat yang terkandung pada subclass adalah sifat hasil pewarisan dari sifat-sifat yang terdapat pada objek induk. Maka dari itu, proses ini disebut pewarisan atau inheritance. Dengan fitur ini, kita dapat membuat subclass yang memiliki kemampuan melebihi superclassnya, yaitu dengan cara menambahkan sifat-sifat baru ke dalam objek tersebut (Raharjo).

Sekian sedikit pemahaman mengenai Java, Kelas, Objek, Pembungkusan, dan Pewarisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Do Practice, Keep Learning, and Be Creative!

-----------------------------------------------00000------------------------------------------


Referensi:
·         JavaFundamentals . diakses pada 28 Februari 2015
·         Raharjo, Budi. 2014. Pemrograman C++ Mudah dan Cepat Menjadi Master C++. Bandung: Informatika Bandung.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment