Tugas 2 : Membuat Program Sederhana "Inheritance"

==================================================
Nama/NIM : Ni Komang Widyasanti/1404505061
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
==================================================


Inheritance



Sebelum kita masuk ke materi berikut, akan lebih baik jika kita memahami sedikit dasar dari java, yang bisa di akses pada postingan saya sebelumnya >>disini<<

Dalam Java, untuk sifat pewarisan, kita mengenal istilah Superclass dan Subclass. Untuk mendapat sebuah subclass kata kunci yang digunakan adalah extend. Adapun Superclass yang akan kita buat disini diberi nama Person.


Kemudian, pada Class Person ini, akan kita isi kode berikut.


Perhatikanlah, pada atribut name dan address dideklarasikan sebagai protected. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar atribut tersebut dapat diakses oleh anakan atau subclass dari person. Jika atribut tersebut di deklarasikan sebagai private, maka subclasses yang dimiliki tidak akan dapat mengaksesnya. Semua property dari kelas induk hanya dapat diakses oleh subclasses nya jika dideklarasikan sebagai public, protected, atau default.
Berikutnya kita akan membuat new file untuk subclassnya, dengan nama Student. Perlu diperhatikan agar project yang dipilih sudah benar.



Ingatlah bahwa untuk membuat suatu subclass kata kunci yang kita gunakan adalah extend. Dengan demikian, semua properti dan method dari setiap class Person dapat diwariskan pada class Student.


Perhatikan kode berikut.

 public static void main( String[] args) {
        Student anna = new Student();
}

Ketika object Student di-instantiate, default constructor dari superclass secara mutlak meminta untuk melakukan inisialisasi yang seharusnya. Setelah itu, pernyataan di dalam subclass dieksekusi.

Adapun output dari program ini adalah



Sekiranya sekian penjelasan tentang Inheritance, agar kemudian dapat dikembangkan ^^

Do Practice, Keep Learning, and Be Creative!

-------------------------------0000000000---------------------------------

  Referensi:
        ·         Maruvian education. J.E.N.I - Pengenalan Pemrograman 1. Java Education Network Indonesia. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment